Translate

Senin, 09 Mei 2016

Fakta Tentang Surabaya

Assalamualaikum rek..
Artikel ini nantinya akan membahas tentang Kota Surabaya. Mengapa Kota Surabaya cak? kok bukan Kota Makasar, Kota Bandung atau Kota Jakarta sekaligus sebagai Ibu Kota dari Indonesia yang dibahas di artikel ini nantinya?. Pasti salah satu pembaca ada yang tanya begitu kan. Hayo mengaku, wkwk. Oke rek aku akan jawab.




Pertama, aku disini dilahirkan di dunia ini adalah di kota Surabaya. Kedua, sampai saat ini aku masih menjadi warga di Kota Surabaya. Dan yang terakhir, aku ingin belajar lebih banyak tentang Kota Surabaya yang aku banggakan ini rek. Masa' aku tidak tahu tentang Kota Surabaya, padahal aku lahir dan besar di Kota ini. Gayamu cak. Ada salah satu pembaca disini pasti bilang begitu kan. Ya, gaya sedikit lah. Kan tidak apa-apa rek, wkwkwk

Berikut ini beberapa info fakta tentang Kota Surabaya:


KOTA TERBESAR KEDUA

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah kota Jakarta. Pertumbuhan ekonomi sama baiknya dengan kota ibu kota tersebut. Kalau bahasa anak sekarang 11 12 lah Kota Surabaya sama Kota Jakarta, tidak jauh beda, hahaha.

Jangan bohong cak. Serius rek, ini buktinya.



Coba rek jalan-jalan menelusuri daerah tengah kota. Seperti jalan Basuki Rahmad, jalan Tunjungan dan jalan Raya Darmo. Banyak tidak gedung-gedung yang tinggi berderetan. Iyo cak banyak. Itu merupakan tempat perkantoran, perbankan, perusahaan dan tempat pusat perbelanjaan atau yang biasa disebut dengan mall.

Atau coba iseng jalan-jalan ke pelabuhan Tanjung Perak. Hampir setiap hari banyak pengiriman dan penerimaan barang lewat jalur laut.

Ada juga di daerah Rungkut dan daerah Margomulyo. Disitu kan banyak pabrik-pabrik berjejer-jejer. Mulai pabrik sabun colek, sabun mandi, peralatan rumah tangga, obat nyamuk, pupuk dsb.


LETAK KOTA SURABAYA

Kota Surabaya juga terletak di Pulau Jawa tepatnya di provinsi Jawa Timur dekat pantai utara dan sekaligus menjadi ibu kota di provinsi Jawa Timur. Jadi bahasa mudahnya Kota Surabaya itu menjadi ibunya dan Kota-Kota lainnya yang ada di Jawa Timur itu anak-anaknya, hahaha.

Wilayahnya berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara dan timur, Kabupaten Sidoarjo di sebelah selatan, serta
Kabupaten Gresik di sebelah barat

Sudah tahu cak, dari sekolah sd dulu sudah diajari, wkwkwk.
Kalo sudah tahu ya alhamdulillah, tapi aku kan memberikan info yang belum tahu. Oke rek ku lanjutkan.

Surabaya secara geografis berada pada 07˚09`00“ – 07˚21`00“ Lintang Selatan dan 112˚36`- 112˚54` Bujur Timur. Luas wilayah Surabaya meliputi daratan dengan luas 333,063 km² dan lautan seluas 190,39 km².


BAHASA




Bahasa untuk berkomunikasi di Surabaya adalah bahasa jawa khas Suroboyo-an yang terang-terangan (blak-blakan kalau istilah bahasa jawanya. Kok bisa?. Coba rek, pergi ke daerah Jawa Tengah atau kota-kota lainnya yang di Jawa Timur. Kira-kira menurut arek-arek terang-terangan tidak, bahasa jawanya Kota Surabaya?.

Iyo cak, aku bangga sama bahasa jawa khas Suroboyo. Sama rek, aku juga bangga dengan bahasa jawa khas Suroboyo.

Tapi bukan bahasa jawa yang khas Surabaya saja. Ada juga bahasa Madura juga yang digunakan untuk berkomunikasi. Wajar sih ada bahasa Madura, karena banyak penduduk pendatang dari Pulau Madura yang menetap di Surabaya dan membaur bersama warga Surabaya.

Dan juga bahasa Jawa khas orang cina yang tinggal di Surabaya. misalnya: liak-liak yang artinya lihat-lihat dsb.


KOTA YANG BERSIH

Surabaya adalah Kota yang bersih. Masa'cak, apa buktinya?. Buktinya Kota Surabaya sudah banyak mendapat Piala Adipura. Piala Adipura itu apa cak?. Piala Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Dan Kota Surabaya sudah mendapatkan banyak sekali.

Tahun 1980 an dan 1990 an, kota Surabaya mendapatkan beberapa kali Piala Adipura. Bahkan pada Tahun 2006-2014 secara berturut-turut sembilan kali, Surabaya mendapat piala tersebut sehingga Surabaya dijuluki sebagai "Kota Adipura".

Selain piala Adipura, Surabaya juga mendapat penghargaan dari Pemerintahan Pusat sebagai salah satu kota besar dalam kualitas udara terbaik di Indonesia. Dan pada tahun 2012 meraih penghargaan "Kota Terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik" oleh city net atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi warga dalam mengelola lingkungan.

Surabaya juga pernah memperoleh penghargaan "ASEAN Environmentally Sustainable City Award atau kota dengan penataan lingkungan berkelanjutan se-ASEAN pada tahun 2011 dan 2014.

Bangga tidak rek dengan Kota Surabaya yang mempunyai segudang prestasi. Pasti bangga cak sama Kota Surabaya ini. 

Tapi ingat rek, masih ada yang harus di benahi bahkan mungkin banyak pekerjaan rumahnya. Kaya' banjir yang masih menggenang di jalanan kota Surabaya ketika hujan. Atau permukiman dan lingkungan daerah Surabaya Selatan dan Surabaya utara yang masih belum tertata.

Selalu jaga kebersihan di Kota Surabaya ya rek. Siap cak.


JUMLAH PENDUDUK

Menurut Sensus Penduduk Tahun 2010, Kota Surabaya memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.765.908 jiwa.
Dengan wilayah seluas 333,063 km², maka kepadatan penduduk Kota Surabaya adalah sebesar 8.304 jiwa per km². Itu menurut Sensus Penduduk Tahun 2010, kalau 2016 mungkin bisa lebih dari itu.



Dari jumlah penduduk 2.765.908 jiwa bahkan lebih dan dengan wilayah sekuas 333,063 km², masa' kamu belum ketemu sama jodohmu dan belum nikah, wkwkwk. Iya cak masih belum ketemu. Cacak sendiri bagaimana?. Sudah menemukan jodohnya belum?. Belum sih rek, wkwkwk. Berarti kita senasib rek. Tosh dulu.

Oke rek sekian dulu ya informasi tentang Kota Surabaya. Nanti kapan-kapan aku nulis lagi tentang Surabaya lebih detil. Memang kapan cak?. Insya ALLAH secepatnya rek. Kalau dapat inspirasi, nanti akan segera ku tulis lagi. Tenang aja rek.

Wassalam rek.

1 komentar:

  1. Genesis 3: The Soundtrack - YouTube - VICl.CC
    Genesis 3: The Soundtrack. The Soundtrack. Genesis 3: The Soundtrack. Watch: 20:52. youtube mp4 Sega. Genesis. Original.

    BalasHapus