Translate

Selasa, 14 Juni 2016

Tips Berpuasa Di Kota Surabaya



Assalamualaikum rek.
Sebelumnya aku mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang merayakannya. Semoga amal ibadah puasa diterima oleh Allah, amin.

Oke rek, kali ini aku akan membahas bagaimana supaya bisa fit untuk beraktivitas meskipun lagi berpuasa di Kota Surabaya.

Sebelum masuk ke pembahasan itu, aku akan membahas tantangan-tantangan berpuasa di Kota Surabaya.



Jalanan Surabaya terkadang macet. Terutama di jalanan tengah kota.

Mungkin macet di Surabaya tidak separah yang ada di Jakarta. Tetapi macet tetaplah macet. Yang bikin pusing kepala dan emosi jiwa. Apalagi ketika jam pulang kantor. Macet pun semakin parah.


Cuaca panas di Kota Surabaya. Membuat keringat di kepala bercucuran deras.

Ini sebenarnya wajar dan sudah biasa dialami arek-arek yang tinggal di Surabaya. Karena letak wilayah geografi Surabaya yang berdekatan di dekat wilayah pantai. Makanya iklim di Surabaya panas dan panasnya itu langsung menyengat di kulit.


Cuaca ekstrem yang berganti-ganti. Pertama panas lalu mendung dan turun hujan secara cepat.

Global warming membuat cuaca di seluruh dunia menjadi tidak menentu. Tidak terkecuali di Surabaya. Sebenarnya Bulan ini adalah bulan musim kemarau, tetapi kenyataannya hujan juga masih mau menyapa kota Surabaya.


Lalu bagaimana caranya kita bisa menghadapi semua itu. Tenang rek, aku punya tipsnya.

1. Sabar
Kunci yang pertama adalah sabar. Memang seh, tidak semudah yang di bayangkan. Prakteknya juga pasti lebih susah. Tapi kembali lagi ke nilai yang dibawa oleh puasa ramadhan yaitu sabar. Sabar untuk menahan hawa nafsu.

2. Minum air mineral yang banyak
Eits, jangan salah sangkah dulu rek. Maksudnya waktu sahur perbanyaklah minum air mineral. Supaya tidak dehidrasi dan lemas di saat aktivitas pada siang hari. Tahu sendiri kan rek, Surabaya panasnya minta ampun di waktu siang hari.

3. Makan sayur dan buah-buahan
Mungkin sudah bukan rahasia umum kalau buah-buahan dan sayur membuat badan sehat. Selain sehat buah dan sayur juga menjadi suplemen bagi tubuh agar badan tidak lemas disaat menjalankan ibadah puasa.

4. Olahraga dan istirahat yang cukup
Mungkin kita bisa lakukan olahraga sesudah berbuka puasa atau sesudah sholat tarawih. Tidak usah yang berat-berat, cukup lari ditempat selama 5 menit sudah menjaga kesehatan.

Atau juga sesudah sholat subuh bisa melakukan bersepeda mengelilingi kampung di rumah sudah cukup menjaga kesehatan. Dan jangan lupa istirahat yang cukup dan jangan banyak begadang. Karena kata bang Haji Rhoma Irama begadang boleh saja tapi kalau ada perlunya, hehe.



Sekian tips dariku, semoga bermanfaat. Dan semoga ibadah puasanya bisa sampai sebulan penuh juga mendapatkan pahala dari Allah SWT. Amin

Wassalam rek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar